Jumat, 05 Februari 2016

PENINGKATAN MUTU PRODI MANAJEMEN DAKWAH

                 

                             
Pipir Romadi, S.Kom.I

(Pendamping Mutu Prodi Manajemen Dakwah UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

Manajemen Dakwah mempunyai harapan besar untuk menjadi salah satu program studi yang diperhitungakan di UIN Suska Riau karena kualitas dan mutunya. Harapan ini tidaklah akan terwujud tanpa adanya dukungan dan kerjasama antara pihak-pihak terkait, yaitu Pimpinan Prodi, Pendamping Mutu Prodi, Dosen dan Mahasiswa Manajemen Dakwah itu sendiri, terlebih dari kemampuan dan kecekatan dari pimpinan prodi dalam melakukan pengelolaan.
Program Studi Manajemen Dakwah masih terbilang muda secara administrasi mulai ada sejak tahun 2002 tepatnya pada tanggal 29 April, jadi perlu dilakukan pembenahan secara administrasi, seperti pembenahan kurikulum, dan sistem pelayanan akademik yang lebih mengedepankan keprofesionalan dan keefektifan. Manajemen Dakwah yang saat ini sudah berakreditasi A tentunya harus bekerja keras untuk mempertahankan dan mempertanggungjawabkan hasil itu dengan menampilkan mutu dan kualitas yang baik.
Untuk kurikulum Prodi Manajemen Dakwah  telah mengalami beberapa kali review hingga review terakhir dilakukan pada tahun 2013, dengan menghasilkan keputusan bahwa Prodi Manajemen Dakwah memiliki 3 Konsentrasi diantaranya, Konsentrasi Manajemen Kelembagaan Dakwah, Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Agama dan Konsentrasi Manajemen Zakat dan Wakaf. Tentunya harapan kita bersama bahwa dengan diterapkan konsentrasi ini mahasiswa Manajemen Dakwah akan memiliki kemampuan keilmuan yang lebih spesifik dan lebih professional dalam bidang konsentrasi ilmu yang ditekuninya. Jika hal ini sudah terlaksana maka Prodi Manajemen Dakwah akan menghasilkan para sarjana yang siap di pakai di masyarakat dan stakeholder.
Dari segi pelayanan akademik tentunya kita semua berharap mendapatkan pelayanan yang memuaskan dengan hasil solusi dan jawaban dari permasalahan. Pelayanan akademik ini tidak saja pelayanan secara administrasi kepada mahasiswa tetapi pelayanan terhadap dosen-dosen Prodi Manajemen Dakwah. Dari unsur  Dosen juga diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya diri yang memadai dari bidang keilmuannya, sehingga dapat melakukan transfer ilmu dengan maksimal dan terbarukan.
Harapan kedepannya semoga Prodi Manajemen Dakwah menjadi Program studi yang mampu bersaing dengan prodi-prodi lain yang berada dilingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau secara khusus dan di Kancah Nasional pada umumnya, mengingat bahwa persaingan semakin ketat. Prodi Manajemen Dakwah saat ini sudah ada hampir di 30 perguruan tinggi di Indonesia, untuk di Riau sudah ada 2 di UIN Suska Riau dan STAIN Bengkalis di Sumatera sudah ada 9 perguruan tinggi yang memiliki prodi Manajemen Dakwah. Kita semua berharap visi Manajemen Dakwah untuk “Menjadi Prodi Manajemen Dakwah yang Profesional, Unggul dan Kompetitif dalam Bidang Manajemen dan Pengelolaan Lembaga Dakwah secara Integratif pada Tahun 2020” terwujud.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar